TINGKATKAN KOMPETENSI MANAJERIAL, TEGEN MAHARAJA IKUTI PKA

Tegen Maharaja, Sekretaris Pengadilan Negeri Sibuhuan resmi menjadi peserta Pelatihan Kepemimpinan Administraror (PKA) Gelombang I Tahun 2021. Seleksi peserta pelatihan dilaksanakan oleh Pusdiklat Kepemimpinan Mahkamah Agung RI di Bogor secara online. Bagi PNS yang tidak menduduki dalam Jabatan Administrator, harus lulus seleksi calon Peserta. Seleksi dilaksanakan secara online. PKA ini juga dilaksanakan di tempat kerja.

Pelatihan akan dilakasanakan selama 91 hari pelatihan, 797 JP yang terdiri dari on dan off campus. peserta Pelatihan PKA akan diharapkan menjadi pemimpin perubahan di organisasi atau satuan kerjanya. Mampu memastikan, menanamkan keyakinan bersama agar anggota yang dipimpin bertindak sesuai nilai, norma, dan etika organisasi dalam lingkup formal. Efektif membangun tim kerja untuk peningkatan kinerja organisasi. Selain itu diharpkan pesera mampu berkomunikasi secara asertif, terampil dalam berkomunikasi lisan/tertulis untuk menyampaikan informasi yang sensitif/rumit/komplek. Menerapkan target kerja yang menantang bagi unit kerja. Memberi apreasiasi dan teguran (reward and punishment) untuk mendorong kinerja. Mampu memanfaatkan kekuatan kelompok serta memperbaiki standar pelayanan publik dilingkungan unit kerja.

Selanjutnya peserta juga diharapkan harus mampu memberikan umpan balik, membimbing, membantu orang lain mengikuti perubahan, mengantisipasi perubahan secara tepat, dan dalam mengambil keputusan mampu membandingkan berbagai alternatif, menyeimbangkan risiko keberhasilan dalam implementasi.

MATA PELATIHAN DAN KEGIATAN

Pada pasal 6 Peraturan Kepala LAN Nomor 16 Tahun 2019 disebutkan bahwa pelatihan dilaksanakan melalui 4 agenda yaitu

a. agenda kepemimpinan Pancasila dan
nasionalisme;
b. agenda kepemimpinan kinerja;
c. agenda manajemen kinerja; dan
d. agenda aktualisasi kepemimpinan.

Peserta pelataihan PKA yang disebut sebagai Reformer ini harus menyiapkan Aksi Perubahan di unit kerja masing-masing yang akan di seminarkan di depan penguji. Dalam Rancangan Aksi Perubahan yang dilakukan oleh Tegen Maharaja, S.Kom, S.H. Sekretaris Pengadilan Negeri Sibuhuan yaitu “

OPTIMALISASI KINERJA LAYANAN PERKANTORAN MELALUI  DIGITALISASI DATA PELAPORAN DENGAN APLIKASI “EDARAN” DI PENGADILAN NEGERI SIBUHUAN KELAS II KABUPATEN PADANG LAWAS PROVINSI SUMATERA UTARA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *